:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Jumat, 28 Agustus 2009

RKSR 1430 H (Part 2)

Yang baru dari 5 tahun RKSR tahun ini adalah semangat yang cukup bagus dari DJ-DJ lama maupun baru. DJ Kriwil salah satunya. “Siaran dari jam 09.00 WIB sampai 03.00 dini hari. Dengan lagu-lagu yang cukup banyak baik lama maupun baru kita siap siaran tahun ini” kata DJ kriwil.

Menghabiskan hard disk untuk MP3 sebanyak 10 Gigabyte nampaknya cukup memuaskan telinga pendengar setia Radio Komunitas ini. Dengan perangkat siar baru, radio tahun ini mampu menjangkau wilayah yang cukup luas.


Tujuannya menemani remaja islam yang lagi jaga masjid dan bangunin sahur. Lagu dapat direquest melalui request card yang ada di studio atau SMS/call di nomer 083892200596. *[adm]

Selengkapnya → RKSR 1430 H (Part 2)

Pererat Silaturahmi Al Hikmah Toyan Luncurkan Group Fesbuk

Demam fesbuk nampaknya juga melanda Komunitas Remaja Islam Masjid, banyak rismas yang dulunya nggak punya akun fesbuk akhirnya buat. “Jadi pengen”, kata Tomy dan Guntur pengguna baru fesbuk. “Pasalnya kalau lagi ngumpul trus ngomong-ngomong jadi nggak nyambung karena yang dibicarain fesbuk. Jadi kita pengen buat”, kata wawang.

Nah ... hal itu mendorong Mas Aan untuk membuat group fesbuk. Buat temen-temen Al Hikmah khususnya dan Moslem dimana aja bisa gabung ke Group The Big Family of Al Hikmah Toyan.

Harapannya kedepan group yang direalese Sabtu, 22 Agustus 2009 itu akan diisi info seputar kegiatan masjid dan hal-hal lain terkait dunia keislaman. Semoga .... *[adm]

Selengkapnya → Pererat Silaturahmi Al Hikmah Toyan Luncurkan Group Fesbuk

Tadarus Al Quran 1430 H

Salah satu amalan yang jadi agenda rutin selama ramadhan adalah tadabbur qur’an. Kegiatan dilaksanakan selepas Sholat Isya’, Kultum dan Tarawih. Kultum biasanya diisi oleh Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan.

Hal ini dilakukan sebagai sarana pembelajaran salah satunya aspek peningkatkan kompetensi verbal yaitu berbicara. Dan biasanya diakhir ramadhan akan dilaksanakan agenda Khataman untuk menutup tadabbur quran di bulan ramadhan. “Tapi perlu diingat setelah khataman tidak berarti mengajinya selesai”, kata Hanum Wakil ketua rismas 2009-2010. *[adm]


Selengkapnya → Tadarus Al Quran 1430 H

Buka Puasa 1430 H

Pemandangan menggembirakan hampir dapat dilihat setiap sore menjelang maghrib di Masjid Al Hikmah Toyan. Pasalnya puluhan anak-anak yang ngaji dan buka puasa bersama pada ramadhan 1430 H tahun ini.

Mas Aan, Direktur TPA Al Hikmah berharap pemandangan serupa akan sampai akhir ramadhan dan berlanjut di bulan-bulan selanjutnya diluar ramadhan setiap pembelajaran TPA. Kegiatan menjelang buka puasa diisi dengan cerita, motivasi, iqro, tadabbur qur’an, juga permainan.

Selengkapnya → Buka Puasa 1430 H

Sabtu, 22 Agustus 2009

Jamaah Tarawih Membludak

Alhamdulillah, sungguh diluar dugaan amino masyarakat untuk mengikuti kegiatan sholat tarawih lumayan besar. Hal ini dikuatkan dengan banyaknya jamaah yang hadir dihari pertama tarawih.

Untuk jamaah putra terpaksa harus sholat tarawih diserambi kiri masjid karena didalam sudah penuh. Untuk jamaah putri memang masih ada sisa dibagian depan.


Terlepas dari itu harapannya jamaah terus akan ramai sampai akhir ramadhan. *[adm]

Selengkapnya → Jamaah Tarawih Membludak

Kerja Bakti Terakhir Sebelum Ramadhan 2009

Selepas Jumat, 21 Agustus 2009 dilaksanakan kurvey/kerjabakti terakhir sebelum puasa. Sasaran utama kerja bakti ini adalah pekarangan utara masjid dan dapur.

Ketika ditanya kenapa baru sekarang dibersihkan, Rama Ketua Rismas periode 2009-2010 mengatakan, “kerja bakti sebelumnya difokuskan ke depan masjid mulai pemasangan spanduk, rontek, rumput depan, dan persiapan administratif serta pencarian dana operasional ramadhan.”

Last but not least, dapur termasuk sarana yang paling vital selama ramadhan. Bayangkan dari buka puasa sampai tadarus, khataman, kupatan dan kegiatan yang melibatkan makanan pasti dipusatkan di dapur”, tambah Hanum mantan Ketua Rismas 2008-2009 sambil tertawa. *[adm]

Selengkapnya → Kerja Bakti Terakhir Sebelum Ramadhan 2009

RKSR 1430 H

Semua kegiatan yang terkait semaraknya ramadhan nampaknya sudah jauh-jauh hari dipersiapkan. Namun sampai dengan Hari Rabu, 19 Agustus 2009 persiapan untuk siaran Radio Komunitas Suara Ramadhan (RKSR) masih tampak adem-adem aja. “Atau jangan-jangan pada nggak mau siaran untuk tahun ini”, kata Mas Iman yang biasa mengurusi manajemen siaran.

Nah, Kamis esok harinya (20 Agustus 2009) bersama Mas Aan disela-sela kesibukan TPA coba mencari bambu untuk antena. Hanya dengan persiapan yang mepet, Kamis bakda Isya/malam Jumat Radio sudah dapat diuji coba. Hasilnya jangkauan siar kurang lebih sama dengan tahun kemarin.




So ... kabar terakhir yang berhasil dihimpun sampai selepas tarawih hari pertama atau Malam Sabtu 21 Agustus 2009 nampaknya radio sudah mulai mengudara. Dengan Dj Mas Iman siaran ditutup pukul 03.00 WIB. Mungkin “saking mempenge” hari pertama puasa. Moga terus mengudara sampai akhir ramadhan. *[adm]

Selengkapnya → RKSR 1430 H

Kamis, 20 Agustus 2009

Wakiyo Isi Pengajian Pra Ramadhan

Untuk men-cash hati dan persiapan menghadapi puasa, Rabu 19 Agustus 2009 bakda Sholat Isya’ dilaksanakan Pengajian Pra Ramadhan. Pengajian disampaikan oleh Bapak H. Wakiyo dari Kedundang. Dalam rangka menghadapi puasa Pak Wakiyo berpesan untuk membersihkan hati dan diri.

Diselingi guyon tanpa meninggalkan substansi, pengajian malam itu terasa mengena di hati jamaah yang hadir. Semoga bermanfaat dalam menghadapi Ramadhan tahun ini. *[adm]

Selengkapnya → Wakiyo Isi Pengajian Pra Ramadhan

Jelang Ramadhan 1430 Hijriyah

Menghadapi Ramadhan 1430 Hijriyah tahun ini, dimulai dari Hari Ahad 9 Agustus 2009 Rismas sudah mulai sibuk bongkar pasang, kerja bakti menghadapi Bulan Suci tahun ini.

Kerja bakti dimulai lebih awal karena ditakutkan persiapan mepet dan hampir berbarengan dengan pelaksanaan HUT kemerdekaan RI. Spanduk, rontek dipasang, lampu diganti, pel lantai.



“Pokoknya luar dalem di bersihkan total”, kata rama Sang Ketua Rismas. Tak lupa shof diukur ulang sudah, kiblat belum.

Persiapan juga dilakukan untuk mencari ustadz kuliah subuh, Imam sholat tarawih, Jadwal kultum untuk rismas, jadwal takjilan, jadwal jaga malem bangunin sahur dan sebagainya. Selama puasa, kegiatan pengajian sore untuk anak-anak dilakukan 1 bulan secara penuh. *[adm]

Selengkapnya → Jelang Ramadhan 1430 Hijriyah